6 Manfaat Social Media Marketing Bagi Bisnis

Manfaat Social Media Marketing

Social Media Marketing itu keren banget buat brand, bisnis atau perusahaan masa kini. Gak kebayang dong kalo brand atau perusahaan nggak punya akun di sosmed? Bener-bener rugi!

Berikut beberapa manfaatnya buat mereka yang aktif di platform sosial dengan social media marketing.

1. Membangun Brand Awareness

Brand Awareness. Jadi, kalo brand atau perusahaan sering muncul di sosmed, mereka jadi lebih dikenal sama calon customer atau audience-nya. Bukan cuma itu, mereka juga bisa lebih kenalin produk atau jasa yang mereka tawarin ke calon customer.

2. Menambah Visitor Website

Terus, socmed juga bisa bantu nambahin pengunjung ke website. Misalnya, orang-orang yang udah tau brand-nya dari socmed, biasanya mereka bakal mampir ke website brand-nya buat nyari info lebih lanjut.

Apabila konten yang dibawa ke media sosial dan website sama atau relevan, potensi pengguna menikmati kontan yang dibuat juga bisa lebih baik lagi. Bisa-bisa betah banget tuh di website. Ini juga bisa untuk mengukur seberapa bagus konten yang sudah dibuat di website.

3. Menaikkan Penjualan Produk

Kalau buat pengusaha, hidup tidaknya bisnis ya dari penjualan produk, entah itu produknya berupa barang atau jasa ya. Pemasaran sekarang itu lebih enak tidak seperti dahulu lagi yang harus turun ke lapangan secara offline.

Dulu kan biasanya brand cuma jualan di daerah sekitar aja. Tapi sekarang, dengan media sosial, mereka bisa lebih gampang jualan ke mana aja. Jadi, mereka bisa dapat pelanggan baru dari tempat-tempat yang jauh.

Note: Ini juga tergantung produknya sebenarnya. Ga semua produk bisa disasar dengan media online ya.

4. Menambah Pelanggan Baru

Dengan hadirnya customer baru, penjualan sebuah brand juga akan ikut meningkat, karena hadirnya customer baru dari lokasi lain.

Bahkan kalau pengalaman pengguna dengan produk kita itu bagus banget, akan terjadi yang namanya worth of mouth (WOM), yaitu pemasaran dari mulut ke mulut. Kita bahkan bisa menghemat biaya pemasaran kita dengan iklan lho. Ini relate dengan bahasan selanjutnya.

5. Menghemat Biaya Iklan

Terus, yang bikin hemat juga, ngurangin biaya iklan. Metode iklan yang dulu mahal banget, kayak iklan di baliho, di koran, atau di media cetak lainnya, sekarang bisa lebih murah lewat sosmed. Perusahaan juga bisa atur siapa aja yang bakal liat iklan mereka di media sosial.

Jadi, mereka bisa tau juga berapa banyak yang liat iklannya. Semuanya bisa terukur dan bisa mengacu pada data yang pasti, alias tidak bias. Manfaatkan ini dengan baik supaya terbentuk pemasaran WOM tadi.

6. Memantau Kompetitor Bisnis

Satu lagi, penting banget nih, buat ngecek apa yang dilakuin kompetitor di media sosial karena media sosial kan umum, jadi brand bisa liat gimana strategi kompetitor. Ini berguna banget buat bikin strategi sendiri yang lebih oke buat bersaing.

Selain itu, dengan melihat media sosial kompetitor, kita bisa mendiagnosa apa saja yang dilakukan oleh pesaing kita secara offline. Kadang, terlalu fokus di media sosial kita lupa bahwa pesaing kita sangat keras main di lapangan secara langsung.

Banyak banget kan manfaat dari “Social Media Marketing” ini apabila digarap dengan benar dan dengan tujuan yang jelas. Jangan lupa buat optimasi engagement rate media sosialmu ya, lakukan beberapa hal ini jika mengalami penurunan, “Bagaimana Jika Engagement Socmed Turun?“.

Mungkin Kamu Suka Ini Juga