Bagaimana Jika Engagement Socmed Turun? Ini Strategi Menaikkannya

strategi menaikkan engagement

Dalam konten yang aku buat disini, bukan mengajari ya cuma berbagi aja siapa tau bisa diterapin di akunnya temen-temen dan pastinya bisa menjadi strategi yang tepat juga. Tidak semua cara di bawah ini bisa menaikkan engagement yang turun dari Media sosial kalian, tapi usahakan dahulu biar tau dampaknya.

Setidakanya nanti aku akan bahas 8 cara yang mungkin dasar banget sih. Ingat bahwa banyak hal dasar yang tidak dilakukan orang dalam mengelola akunnya. Siapa tau kamu ga merasa pinter dan males ngerjain hal sepele ini.

1. Lakukanlah Analisis Konten

Coba kalian lihat kembali jenis konten yang paling banyak mendapat interaksi. Fokuslah pada konten yang relevan dan menarik bagi audiens.

Coba analisis jangan terlalu jauh, cukup pakai 1-3 bulan terakhir saja. Kenapa begitu? Biasanya trend selama 1 bulan itu masih relevan sehingga biar tidak terjebak dalam “sudah terlambat” walaupun mungkin konten itu rame 2 bulan lalu.

2. Konsistensi Posting

Langkah kedua, pastikan kamu tetap membuat konten secara teratur. Buat jadwal posting yang konsisten agar pengikut tahu kapan harus mengharapkan konten baru.

Konsisten ini bukan hanya selalu posting 3x sehari gitu ya. Namun, lebih dari itu lebih ke konsisten membuat konten yang bener-bener sesuai dengan target audiensmu yang rame engagemennya.

Gimana caranya? Coba deh baca-baca komentar selama 7 hari terakhir di akunmu atau di akun kompetitor yang relevan. Bisa jadi bahan konten baik di feed instagram, reels, instastory atau thread di platform X (twitter).

3. Interaksi dengan Pengikut

Balas komentar dan DM, serta aktif berinteraksi di postingan pengikut. Ini membantu membangun komunitas dan loyalitas pengikut.

Masalahnya yang muncul adalah gimana kalau tidak ada yang komentar? Coba kamu lakukan buat instastory yang sangat menjadi “masalah bagi user” biar followermu mau ngisi Question Box. Ntar bisa jadi konten di story selanjutnya kan atau bisa dijadiin postingan juga.

4. Konten Berkualitas

Pastikan kamu hanya memproduksi konten yang berkualitas tinggi, baik dari segi visual maupun isi.

Kalau menurutku sendiri, berkualitas itu yang bisa jadi problem solver bagi pembacanya. Kenapa begitu? Ya followermu itu butuh solusi.

Contoh:

Solusi penat, mereka mencari konten seru, lucu dan lawak

Solusi serius, mereka butuh relaksasi, motivasi dan lain sebagainya.

Jadi, ya pinter-pinter mengartikan kata “solusi” ini biar menjadi relevan. Keresahan bukan selalu keluhan.

5. Ajak Kolaborasi Orang Lain

Bekerja sama dengan influencer atau pihak lain bisa meningkatkan jangkauan dan kredibilitas.

6. Tetap Aktual dengan Tren

Selalu perbarui konten dengan tren terbaru di Instagram, seperti fitur baru atau perubahan algoritma.

Oke deh, algoritma itu bagus dipelajari tetapi algoritma dibuat ya untuk memuaskan penggunanya. Kalau kamu ga bisa mempelajari pengguna instagram ya akan susah mengikuti trend.

7. Gunakan Cerita dan Reels

Manfaatkan Instagram Stories dan Reels untuk menampilkan konten yang lebih spontan dan menarik.

8. Promosi Berbayar

Opsi terakhir, jika memungkinkan, gunakan fitur promosi berbayar Instagram untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Bisa dengan iklan, paid promote, paid partnership atau bahkan bisa juga membahas di kanal berita.

Ingat bahwa, konsistensi dan kualitas adalah kunci untuk meningkatkan performa akun media sosial baik itu tiktok, instagram, twitter (X) atau bahkan website. Jangan bertele-tele tentang mengulik hal baru kalau hal dasar saja kamu tinggalin.

Biar lebih jos lagi, coba deh kalian pahami ini juga Cara Agar Postingan Instagram Bisa Muncul di Beranda Teman.

Mungkin Kamu Suka Ini Juga