Perhatikan 9 Hal Dalam Membuat Judul Konten Agar CTR Tinggi (SEO)

Perhatikan 9 Hal Dalam Membuat Judul Konten

Banyak orang yang fokus membuat isi konten yang bagus tetapi lupa kalau orang akan membaca konten pasti lihat judul terlebih dahulu. Entah judul itu pada tampilan di hasil pencarian atau pun juga muncul di beberapa postingan media sosial.

Nah, kali ini Saya akan bahas sedikit aja nih biar konten yang udah diproduksi tidak percuma begitu saja karena orang tidak tertarik. Ingat, orang tertarik pertama kali ya karena melihat dari luarnya. Kalau di SEO, luarnya ya judul ini yang paling penting.

Panduan Membuat Judul Konten yang Baik

Berikut beberapa langkah yang harus dipenuhi biar konteks judul dan konten sama serta disukai oleh manusia sebagai pembaca dan search engine yang akan merekomendasikan kontenmu kepada pembaca.

1. Gunakan Kata Kunci

Kata kunci itu merupakan kata atau frasa yang digunakan oleh orang-orang saat mereka mencari informasi di internet. Untuk membuat judul yang disukai mesin pencari dan manusia, Kalian perlu menggunakan kata kunci yang relevan dengan topik konten Kalian.

Nah, kalian dapat menggunakan alat pencari kata kunci untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk digunakan. Berikut contohnya, gambar diambil 15 Juli 2023.

Contoh Judul yang Menggunakan Kata Kunci
Ilustrasi contoh Judul yang Menggunakan Kata Kunci

2. Judul Singkat Lebih Baik

Judul yang singkat dan jelas akan lebih mudah dibaca dan diingat oleh orang-orang. Hindari menggunakan judul yang terlalu panjang atau rumit.

Selain itu, Google sendiri sebagai search engine juga membatasi panjang judul yang ditampilkan. Jadi, sebaiknya ya jangan panjang-panjang supaya judul yang kita tetapkan sesuai dengan dengan yang dimunculkan oleh search engine. Contohnya kayak gini.

Judul di Google Terbatas
Ilustrasi Judul di Google Terbatas

3. Gunakan Angka atau Statistik

Angka dan statistik dapat membuat judul Kalian lebih menarik dan informatif. Hal ini juga dapat membantu Kalian meningkatkan CTR, karena orang-orang lebih cenderung mengklik judul yang berisi angka atau statistik.

Perhatian:

  • Ada queri yang lebih disukai dengan jumlah yang banyak (misalnya rekomendasi.
  • Ada queri yang lebih disukai yang sedikit (misalnya langkah praktis).
contoh judul dengan angka
Ilustrasi contoh judul dengan angka

4. Gunakan Tanda ! atau Breaket […]

Gunakan tanda seru untuk dapat membuat judul Kalian lebih menarik dan menarik perhatian orang-orang. Namun, jangan gunakan tanda seru secara berlebihan, karena hal ini dapat membuat judul Kalian terlihat spam.

Selain tanda seru, bisa juga dengan menggunakan breaket biar lebih eksklusif. Contohnya kayak gini.

Gunakan Breaket
Ilustrasi: Gunakan Breaket

5. Hindari menggunakan kata-kata clickbait

Kata-kata clickbait adalah kata-kata yang digunakan untuk menarik klik orang-orang, tetapi tidak memberikan informasi yang relevan dengan topik konten Kalian. Kata-kata clickbait seperti “terbaru”, “gratis”, dan “rahasia” sebaiknya dihindari.

6. Lakukan Riset Judul

Setelah Kalian membuat beberapa judul, lakukan riset judul untuk melihat judul mana yang paling baik perform di mesin pencari. Kalian dapat menggunakan alat seperti Google Analytics untuk melihat jumlah klik yang diterima oleh setiap judul.

Pastikan untuk selalu memantau analyticsmu biar tau mana yang interaksinya bagus dan membuat sesi lama di kontenmu.

7. Buat Judul Yang Unik

Hindari menggunakan judul yang sama dengan judul konten lain yang sudah ada di internet. Hal ini akan membuat konten Kalian lebih sulit untuk ditemukan di mesin pencari.

“Jadikan kontenmu unik, bahkan lebih unik lebih baik daripada lebih baik”. Masa iya, satu hasil pencarian judulnya sama semua? User pasti bosan dengan hal ini. Misalnya, judul yang sama tuh kayak gini.

Judul Hampir Sama di SERP
Judul Hampir Sama di SERP

8. Perhatikan judul di halaman hasil pencarian (SERP)

Judul yang Kalian gunakan akan ditampilkan di SERP. Perhatikan bagaimana judul Kalian akan terlihat di SERP, dan pastikan bahwa judul Kalian terlihat menarik dan informatif.

Nah, seperti halnya pada poin 7, pastikan unik dan beda ya. Biar potensi klik makin besar walaupun posisinya tidak di ranking 1.

9. Uji dan Evaluasi

Setelah Kalian membuat beberapa judul, lakukan tes judul untuk melihat judul mana yang paling baik perform. Kalian dapat menggunakan alat seperti A/B testing untuk melihat judul mana yang menghasilkan lebih banyak klik.

Di dunia digital, kita tidak boleh menebak-nebak, tetapi lakukan apapun basisnya dengan data yang diperoleh. Bahkan, hasil evaluasi ini tidak perlu lama. Bisa hanya 1-2 saja kok.

Itulah 9 langkah bagaimana kalian bisa mengoptimalkan judul di konten kalian baik itu di Google, Youtube ataupun konten lainnya ya. Baca juga penulisan content marketing yang baik pada artikel 7 Langkah Membuat Content Strategy untuk Bisnis.

Kalau kalian pengen tau tentang Studi Kasus SEO lainnya, bisa baca kumpulan artikel di Kolom Studi SEO.

Mungkin Kamu Suka Ini Juga